Kepolisian data rumah ibadah rusak akibat kerusuhan di Tanjungbalai




Pihak kepolisian mendata rumah ibadah milik umat Buddha di Kota Tanjungbalai yang mengalami kerusakan akibat kerusuhan berbau SARA yang terjadi pada Jumat (29/7) malam.

Dikutip dari Antara, Sabtu (30/7) kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting di Medan, mengatakan awalnya massa mendatangi rumah milik M, warga Jalan Karya, Tanjungbalai yang memprotes penggunaan pengeras suara dalam mengumandangkan azan yang diduga sebagai awal kerusuhan.

Massa yang emosi berencana membakar rumah warga tersebut, namun dilarang dan dihalangi warga sekitar.

Disebabkan jumlah yang semakin banyak dan semakin emosi, massa bergerak menuju Vihara Juanda yang berjarak sekitar 500 meter dari Jalan Karya.

Awalnya massa berupaya untuk membakar rumah ibadah itu, namun diadang oleh personel Polres Tanjungbalai. Akhirnya massa melampiaskan emosinya dengan melakukan pelemparan dengan batu terhadap vihara tersebut.

Selanjutnya massa bergerak melakukan tindakan pengerusakan satu vihara dan tiga unit klenteng yang berada di kawasan Pantai Amor Tanjungbalai.

Massa juga merusak tiga unit mobil, tiga sepeda motor, dan satu unit becak bermotor yang ada di sekitar vihara tersebut.

Setelah itu, massa merusak barang-barang yang ada dalam klenteng di Jalan Sudirman, klenteng di Jalan Hamdoko, dan lokasi praktik pengobatan yang ada di daerah itu.

Kemudian, massa merusak barang-barang yang ada dalam klenteng di Jalan KS Tubun dan bangunan milik Yayasan Putra Esa di Jalan Nuri.

Massa juga merusak barang-barang di vihara di Jalan Imam Bonjol, merusak bangunan yayasan sosial di Jalan WR Supratman, merusak pagar vihara di Jalan Ahmad Yani, dan membakar barang-barang dalam klenteng di Jalan Ade Irma.

Dari pendataan yang dilakukan, barang-barang yang dirusak terdiri dari peralatan sembahyang seperti dupa, gaharu, lilin, minyak, dan kertas yang ada dalam vihara dan klenteng.

Demikian juga dengan meja, kursi, lampu, lampion, patung Buddha, dan gong yang terdapat dalam rumah ibadah tersebut.

Pihak kepolisian telah mengendalikan situasi di Tanjungbalai dan berkoordinasi dengan unsur pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan keamanan.

Pihak kepolisian juga mengimbau warga untuk tetap tenang sambil menempatkan personel di seluruh rumah ibadah umat Buddha di Tanjungbalai untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan susulan.





Selamat datang di Binuspoker.com Agen Poker Terbesar dan Terpercaya di Indonesia 
Rasakan Sensasi Bermain CEME KELILING dan LIVE POKER !!!
Mari Bergabung di Binuspoker.com dan Refferensikan Teman" Anda Untuk Mendapatkan Bonus Refferal up to 100% Seumur Hidup di Binuspoker
Dapatkan Juga Berbagai Bonus Menarik yang Kami Sediakan :
--> BONUS NEW MEMBER 20%
--> KOMISI ROLLINGAN 0,5%
--> BONUS REFFERAL UP TO 100%
Anda Juga Berkesempatan Untuk Mendapatkan Jackpot Puluhan Juta Rupiah Hanya Dengan Bermodalkan Rp 10.000,-
Dan dalam rangka menyambut kemerdekaan RI yang ke-71 kami dari pihak Binuspoker.com mengadakan turnamen atau lomba Turn Over terbanyak selama 1 bulan di bulan Agustus.
Total Hadiah :
==> Pemenang 1 : Rp.1.170.000
==> Pemenang 2 : Rp. 517.000
==> Pemenang 3 : Rp. 217.000
==> Pemenang 4-10 : Rp. 117.000
Info Lebih Lanjut Anda Bisa Langsung ke CS 24 jam kami dan :
BBM : 591243B5
Yahoo : cs.binuspoker@yahoo.com 
Salam BINUSPOKER.COM "Anda Menang,Kami Senang"





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment